Mari kita bahas cara kerja search engine

Berbagi ilmu atau sharing adalah hobby saya, silahkan tinggal kan komentar ataupun kesan serta pesan anda lewat kolom post di bawah.

       Search engine merupakan sebuah keyword yang sangat melekat di hati para blogger, Mengapa demikian? 
Karena dari situlah sumber penghidupan para blogger. Menurut saya " Without search engine, Blogger is nothing " . Semua aktivitas blogging yang kita lakukan selama menjadi blogger akan menghasilkan suatu kebanggaan tersendiri yang akan tercantum di Index sebuah search engine.

Tapi perjuangan untuk masuk ke index sebuah search engine itu sulit nya bukan main, apalagi masuk ke barisan 1-10. Untuk mencapai hasil yang maksimal kita harus tau apa itu " Search Engine result page" dan "Page rank", Untuk mengetahui itu semua kalian bisa menuju ke artikel ini "Pengertian Serp dan Pagerank".

JIka anda sudah mengerti tentang artikel " Pengertian Serp dan Pagerank ", maka anda siap memahami lebih lanjut apa itu Search engine dan bagaimana cara kerja nya. 

Search engine bila di artikan menjadi bahasa indonesia akan berarti " Mesin Pencari ", Tugas mesin pencari adalah mencari data yang relevan dengan kata kunci yang dicari oleh surfer. Jika anda belum tau apa itu surfer? maka akan saya jelaskan, Surfer merupakan para pengguna internet yang mencari data-data yang mereka butuhkan melalui search engine. 

JIka kita lihat pada artikel " Pengertian Serp dan Pagerank ", Disana terdapat gambar seperti ini :


Apakah anda bisa membayangkan bahwa Search engine dapat memuat 1.660.000.000 data dalam waktu 0,16 detik. Mungkin anda bertanya " Bagaimana cara kerja sebuah search engine ?" , Don't be worried to much karena kita akan membahas nya bersama-sama.

Dalam Search engine terdapat dua komponen utama dalam mengindex data kedalam database direktori mereka, yaitu Crawler dan Spider.

Apakah anda pernah melihat widget yang bertuliskan " Google Bot last visit " ? tulisan tersebut berarti waktu kunjungan terakhir yang di lakukan oleh mesin google. Nah dari situlah bahwa google pernah melakukan perayapan (crawl) terhadap website tersebut.

Bagaimana search engine menurunkan para prajurit nya untuk mengindex website yang di kunjungi?

Sebuah search engine rutin mengunjugi Web/blog yang ada di database direktori mereka, mengapa hal ini di lakukan ? hal ini di lakukan untuk mengetahui hal ataupun content terbaru yang terupdate pada website ataupun blog yang telah mereka index. Cara kerja pengindex-an tersebut mengandalkan dua komponen yang sangat membantu, yaitu spider dan crawl. 

Jika search engine mengunjungi sebuah website, maka dia akan menurunkan Spider-spider nya yang bertugas untuk mencari tau komponen terbaru dari website tersebut. Selain Spider, search engine juga menurunkan Crawl untuk membantu pengindex-an dalam bentuk link. Cara kerja crawl adalah mengunjungi semua link yang ada pada suatu website, dan mengindex website tersebut apabila belum dikenali oleh database direktori mereka. Jika blog anda terkenal maka tingkat perayapan nya tinggi, hal ini dipengaruhi oleh link-link yang menuju ke website anda. Teknik ini akan bersangkut paut pada optimasi seo yaitu, backlink.

Spider dan crawl akan terus mendata dan memasukan data tersebut kedalam database direktori search engine dan apabila ada surfer yang mencari suatu keyword maka yang keluar adalah website-website yang telah ada di database mereka.

Sekian tutorial yang bisa saya berikan. Ingat blogging, harus ingat tutorialbloggingindonesia.blogspot.com


Recommended Posts :

0 comments:

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))