Apa itu SERP ? dan Apa itu Pagerank ?

Berbagi ilmu atau sharing adalah hobby saya, silahkan tinggal kan komentar ataupun kesan serta pesan anda lewat kolom post di bawah.

        Apa itu SERP ? dan Apa itu Pagerank ? - Pertanyaan tersebut memang sangat mendasar dalam dunia seo, mungkin anda para Guru ataupun suhu dalam bidang SEO akan tertawa jika membaca Artikel saya ini. Tapi untuk kalian yang masih baru atau masih fresh dalam dunia blogging apalagi SEO, artikel ini dianjurkan untuk di pelajari dan dipahami. Artikel ini terinspirasi dari artikel nya juragan yang berlokasi di : Pagerank dan SERP . Dari situ anda bisa mempelajari SEO dan PR tetapi di artikel kali ini saya akan memperjelas sedikit tentang Pagerank dan SERP.

Mari kita singgah di pertanyaan definisi tentang Pagerank.

Pagerank merupakan keyword yang menjadi momok bagi para blogger, Pagerank melambangkan sebuah kualitas dari suatu blog. Banyak orang berkata Pagerank tinggi = Jago SEO, apakah hal tersebut benar? Menurut saya, Pagerank tidak ada kaitan nya dengan SERP. Bagi saya optimasi kita lah yang akan berpengaruh pada SERP. Pagerank kental sekali kaitannya dengan kualitas blog dan kepopularitasan suatu blog, jadi pagerank hanya satuan ukur terhadap suatu website yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan SERP. JIka pagerank relevan dengan kualitas maka kualitas relevan dengan yang namanya harga (nilai jual) suatu blog.

Setelah cukup mendalami Pagerank yang di tambah dengan artikel dari juragan, sekarang kita pindah dengan yang namanya SERP.

SERP itu hanya singkatan, nama panjangnya adalah " SEARCH ENGINE RESULT PAGE" Sesuai dengan nama nya, SERP adalah hasil pencarian suatu keyword yang akan di tampilkan di halaman pencarian sebuah search engine. Di internet, blog yang memiliki keyword yang sama sangat banyak sehingga Search engine akan menampilkan 10 daftar website yang memiliki keterkaitan paling tinggi pada index pertama. Sebuah mesin pencari dapat mengindex beribu-ribu website yang keyword nya relevan dengan keyword yang di cari dalam waktu kurang dari 1 detik, dan Index pertama tersebut merupakan 10 website yang keyword nya sangat relevan dengan keyword yang di cari. Maka dari itu banyak sekali para blogger yang mengoptimasi keyword nya agar menjadi yang paling relevan dengan keyword sang pencari. Jika website kita tampil di halaman pertama, besar kemungkinan pencari akan mengunjungi website kita. Ini tentu akan meningkatkan traffic web dan tinggal kreativitas kita saja mengubah kunjungan ini menjadi peluang bisnis. Maka target kita adalah tampil di halaman pertama. Dan fokus kita adalah peringkat pertama.

Contoh dari SERP :


Dari gambar di atas kita bisa melihat bahwa banyak halaman yang mengoptimasi keyword " Indonesia " tetapi website " Portal Nasional RI " lah yang memiliki keyword paling berkaitan dengan keyword yang saya maksud.

Sekian artikel yang bisa saya sajikan, terima kasih untuk kalian para pembaca dan juga kepada juragan yang menyumbangkan ide kepada saya sehingga menghasilkan artikel ini.

Salah hormat,


Recommended Posts :

0 comments:

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))