Apa itu Sitemap?

Berbagi ilmu atau sharing adalah hobby saya, silahkan tinggal kan komentar ataupun kesan serta pesan anda lewat kolom post di bawah.

        Apa itu Sitemap? - Biasanya para blogger menginformasikan Sebuah halaman websitenya untuk di crawl oleh search engine boot menggunakan Sitemap, Jadi fungsi sitemap adalah Untuk memberitahukan dan mempermudah Search engine dalam pendataan sebuah halaman website. Sebuah Sitemap biasanya ada yang berextensi macam macam, dan yang paling sederhana adalah dengan extensi XML yang berisikan struktur URL dan Meta data.

Metadata merupakan kapan terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya. Metadata ini akan membantu search engine sehingga lebih mudah membaca dan menge-crawl situs.

Web crawl mendapatkan informasi link dari halaman itu sendiri, jadi tugas crawl adalah mencari informasi atau link yang sebanyak-banyak nya dari sebuah halaman itu sendiri. ebuah Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang mensupport Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing-masing URL tersebut dengan menggunakan metadata yang menyertainya.

Menggunakan Sitemap tidak menjamin bahwa semua URL yang ada di sebuah halaman akan terdata dengan baik, tetapi menggunakan sitemap lebih baik dari pada tidak menggunakan Sitemap. Penggunaan sitemap termasuk pada dasar-dasar sebuah SEO.

Mengapa Sebuah Blog Perlu memakai Sitemap ?

     Pada dasar nya, membuat dan  mensubmit sebuah sitemap akan memastikan search engine mengetahui halaman yang ada pada situs kita, termasuk URl yang mungkin tidak bisa di temukan Search engine tanpa sebuah Sitemap. Sitemap juga berguna JIka :

  • Situs kita mempunyai content yang dinamis/selalu berubah. Seperti blog misalnya.
  • Situs kita mempunyai halaman-halaman yang susah ditemukan oleh search engine pada saat dia crawling. Misalnya ; halaman yang banyak AJAX-nya, atau Flash.
  • Situs kita baru dan cuma punya sedikit link ke kita. Seperti kita tahu, crawler search engine menjelajah web dengan mem-follow link dari page satu ke page lainnya. Jadi, semakin sedikit jumlah link ke situs kita, semakin sulit pula si crawler menemukan situs kita.
  • Situs kita mempunyai arsip konten yang sangat besar tapi tidak saling link dengan baik, atau bahkan tidak sama sekali.
Sitemap juga berfungsi untuk memberitahukan kepada Search engine tentang URl yang ada di website kita. Misalnya :
  • Seberapa sering halaman situs kita berubah. Contoh : kita mungkin meng-update halaman kita tentang produk setiap hari, tapi halaman About Me cuma 6 bulan sekali.
  • Tanggal terakhir halaman di modifikasi.
  • Tingkat keutamaan relatif dari halaman-halaman di situs kita. Misal, Home Page kita mempunyai keutamaan relatif 1.0, halaman-halaman Category 0.8, postingan blog 0.5, atau halaman produk juga 0.5. Yang perlu diketahui, angka-angka tadi hanya berarti bahwa Home Page kita relatif lebih utama daripada halaman Category, lalu halaman Category relatif lebih utama daripada postingan blog kita, dan tidak berpengaruh pada ranking masing-masing halaman kita di SERP.
Sitemap memberikan tambahan informasi tentang situs kita kepada search engine untuk menyempurnakan metoda crawling-nya yang standar. Harapannya adalah, Sitemap akan membantu search engine menemukan situs kita lebih cepat dan dalam waktu yang tepat.

Namun, pemakaian Sitemap tidak menjamin semua URL di Sitemap kita akan di-indeks search engine.

Referensi : Sitemap.org dan eriricaldo.com

Salam Hormat,


Recommended Posts :

0 comments:

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))